Kenapa Pilih STT Katharos Indonesia?

MENGAPA MEMILIH

STT KATHAROS INDONESIA BEKASI?

 

STT Katharos Indonesia Bekasi telah  memiliki sistem pendidikan mutu yang baku. Memilih STT Katharos Indonesia karena:

1.    STT Katharos Indonesia Bekasi Telah Memiliki Payung Hukum atau Legalitas Sekolah Harus Jelas

Sekolah yang baik memiliki status pendirian yang jelas baik dari sinode gereja atau yayasan. Lalu kemudian memiliki status izin penyelenggaraan dan Perpanjangan Ijin Penyelenggara yang masih berlaku dari pemerintah dalam hal dari Dirjen Bimas Kristen Kemenag RI. Dan sekolah itu sudah diakreditasi BAN-PT (Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi). Ini penting karena pemerintah dari tahun 2012 sudah mulai menertibkan semua perguruan tinggi liar dan akan menerapkan sanksi bagi yang mengeluarkan dan memberikan gelar tanpa izin. Yang lebih penting, status itu sebenarnya untuk memastikan bahwa sekolah ini memang layak mendidik hamba-hamba Tuhan dan masyarakat gereja. STT Katharos Indonesia telah Memiliki Ijin Penyelenggara dan Terakreditasi BAN PT.

 

 

2.    STT Katharos Indonesia Bekasi Telah Mengikuti Sistem Pendidikan Sesuai  Standar Nasional Pendidikan Tinggi 

Standar Nasional Pendidikan Tinggi Berdasarkan Permendikbud No. 49 tahun 2014 harus mengikuti kriteria Tridharma Pendidikan yang berlaku di wilayah hukum Negara Kesatuan Republik Indonesia, yaitu :

a.      Pendidikan adalah kriteria tentang pembelajaran pada jenjang pendidikan tinggi di  perguruan tinggi. Pembelajaran adalah proses interaksi mahasiswa dengan dosen dan sumber belajar pada suatu lingkungan belajar

b.      Penelitian adalah kriteria tentang sistem penelitian pada perguruan tinggi. Penelitian adalah kegiatan yang dilakukan menurut kaidah dan metode ilmiah secara sistematis untuk memperoleh informasi, data, dan keterangan yang berkaitan dengan pemahaman atau pengujian suatu cabang pengetahuan dan teknologi.

c.     Pengabdian kepada Masyarakat adalah kriteria tentang       sistem pengabdian kepada masyarakat pada perguruan tinggi   Pengabdian kepada Masyarakat adalah kegiatan sivitas        akademika yang memanfaatkan ilmu pengetahuan dan     teknologi untuk memajukan kesejahteraan masyarakat dan      mencerdaskan kehidupan bangsa.

 

3.    STT Katharos Indonesia Bekasi Telah Telah Melaksanakan Proses Perkuliahan atau Kegiatan Akedemik Sesuai Standar Nasional
Untuk jadi Sarjana Teologi S1 minimal dibutuhkan 4.5-5 tahun. Dan S2 minimal 2-4 tahun. Ini merupakan standar pendidikan tinggi umumnya, dan sekolah teologi lebih lama karena harus Praktek Pelayanan Lapangan (PPL) minimal 6 bulan dan maksimal 1 tahun, di STT Katharos Indonesia PPL selama 6 bulan. Sistem Laporan Proses Kegiatan Akademik telah mengikuti sistem online (SIAKAD), Kemahasiswaan (PMB online), Perpustakaan Online, dan Alumni Online dan mahasiswa dan lulusan terdaftar di Forlap DIKTI.

4.    Kurikulum Telah Sesuai Standar Nasional

Sebelum mendaftarkan diri sebagai mahasiswa, sebaiknya harus mengetahui lebih dulu kurikulumnya. Standar kurikulum yang baik adalah 50 % yang disahkan oleh Bimas Kristen Perguruan Tinggi Kemenang RI dan 50 % dari institusi.

Kurikulim adalah adalah seperangkat rencana dan pengaturan mengenai capaian pembelajaran lulusan, bahan kajian, proses, dan penilaian yang digunakan sebagai pedoman penyelenggaraan program studi

5.    Dosen Pengajara Telah Memenuhi Standar Nasional
Ada beberapa sekolah teologi membuat brosur dengan begitu banyak nama dosen dan gelar-gelarnya yang wah… luar biasa dalam dan luar negeri. Tapi kenyataan di lapangan membuktikan bahwa nama itu hanya pajangan dan hanya dosen tamu saja. Padahal sebuah prodi (program studi) minimal harus memiliki 5 dosen tetap dan ber-ijazah yang diakui negara. Adapun dosen tamu tidak melebihi dosen tetap. Seorang dosen harus memiliki kesarjanaan minimal S2, memiliki mutu  akademik yang baik dan berpengalaman pelayanan, lalu ketika masuk ke dunia pendidikan haru mengikuti berbagai keterampilan mengajar seperti PEKERTI, Akta Mengajar, dan  setiap dosen harus memiliki Nomor Induk Dosen Nasional (NIDN), kepangkatan akademik Jabatan Fungsional (Jafung) dan sertifikasi dosen. Tujuannya agar seorang dosen menyadari fungsinya ada tiga yaitu mengajar, meneliti (research), dan melakukan pengabdian kepada masyarakat dan gereja (Tridharma Perguruan Tinggi).

6.    Telah Memiliki Sarana dan Pra-sarana Pendidikan Yang Memadai

STT Katharos  Indonesia telah memiliki fasilitas pendidikan yang cukup memadai, yaitu  3 gedung kampus, 5 ruang kuliah, ruangan perpustakaan, ruangan lab computer, ruang konseling, aula, ruang kantor pimpinan staf, dan dosen, tersedia asrama dan berbagai sarana lainnya. Semua ruangan full ac.

7.    Ada Pembinaan Rohani

STT Katharos Indonesia ada pembinaan rohani seperti: diawali dengan wawancara saat penerimaan mahasiswa baru, mahasiswa dilatih memiliki saat teduh pribadi, ibadah pagi bagi mahasiswa asrama, ibadah kapel, ibadah awal bulan dan doa malam sejahtera, berbagai seminar dan lokakarya, ada “mission trip” untuk melatih melayani, pelayanan pengabdian kepada masyarakat dan yang paling penting adanya disiplin yang baik. Memiliki tata tertib baik di kampus dan maupun di asrama. Sekolah yang menerapkan disiplin, pasti ada konsekuensinya, misalnya ada mahasiswa yang mendapat tindakan dan mahasiswa bersangkutan tidak menerima tindakan disiplin tersebut, tetapi lebih memilih pindah ke STT lain. Apapun kosekuensinya, demi mempersiapkan calon hamba Tuhan yang bermutu dan berkarakter, disiplin tetap ditegakkan.

Kamis, 25 Juli 2024

File Terkait
 Formulir Pendaftaran S2 Form Pendaftaran Mhs S1 Form Pendaftaran Mhs S1 Brosur Pendaftaran 2024
Tempat Pendaftaran
Sekolah Tinggi Teologi Katharos Indonesia

Jl. Raya Cut Mutiah No. 44, Cut Mutiah Plaza Blok A3 No. 4-5 Bekasi Timur, Kota Bekasi, Jawa Barat 17113.
Telp. 021-88357173.
E-mail : info@sttkatharos.ac.id


https://www.desenfans-sorofi.com/wp-content/uploads/slot-online-terpercaya/
Sekolah Tinggi Teologi Katharos Indonesia 2019